Selamat Hari Batik Nasional Indonesia

 

Hari ini, 2 Oktober 2014 adalah Hari Batik Nasional yang ke-5 (lima) dan sudah di tetapkan melalui Keppres No. 33/2009.

Saat ini, batik adalah merupakan kain ikonik, yang terus menarik lebih banyak penggemar dan peminat dari seluruh dunia. Bahkan artis sekaliber dunia seperti Lady Gaga dan Kim Kardashian keduanya penggemar batik juga. Dan beberapa artis kaliber dunia lain pun seperti Jessica Alba, Paris Hilton dan Reese Witherspoon juga pernah terlihat mengenakan batik di acara besar ataupun pesta hollywood.

Sejak UNESCO mengakui dan menunjuk batik adalah asal dan budaya Indonesia pada bulan Oktober 2009, batik semakin populer di dalam negeri maupun di luar negeri. Meskipun jejak batik juga ditemukan mulai dari Cina sampai ke Nigeria, tapi batik Indonesia telah terbukti menjadi yang paling terkenal didunia dan diakui oleh UNESCO bahwa batik Indonesia kaya dengan makna simbolis melalui warna dan motif batik Indonesia mempunyai kaitan erat dengan sejarah dan perkembangan budaya Indonesia, dan hal ini membuat kebanggaan nasional tersendiri.

Di Jawa sendiri, batik dibedakan antara pedalaman dan jenis pesisir, baik dengan berbagai warna dan pola yang terinspirasi oleh pengaruh yang berbeda. Batik khas pedalaman biasanya dibuat di Solo dan Yogyakarta, dua kota yang dianggap pusat budaya Jawa. Sementara itu, batik pesisir cenderung lebih ekspresif di kedua warna dan pola. Meskipun batik paling menonjol di Jawa, daerah lain di Indonesia seperti di , Jawa Barat, Sumatera dan Bali juga mempunyai kekhasan tersendiri.

Dalam banyak hal, batik digadang dan dihormati karena daya tarik spiritualnya. Dengan adanya sambutan hangat yang luar biasa di luar negeri dan merupakan kebanggaan dalam negeri, sangatlah membanggakan dan menyenangkan memakai batik sebagai identitas nasional Indonesia. Mari di Hari Batik Nasional ini, kita memilih dan mengenakan pakaian batik dan memberitahu dunia tentang budaya aguung Indonesia ini.