LG V40 Review

LG V40 Review: Produk Terbaik Buatan LG Ternyata….

 

LG V40 hampir pasti merupakan smartphone terbaik yang pernah dirilis oleh perusahaan LG. Ponsel LG V40 memiliki kamera terbaik, tampilan terbaik, kinerja terbaik, dan desain paling canggih dari ponsel LG yang pernah saya gunakan. Dan di 2018, itu tidak cukup untuk bermain di pasar smartphone dengan kelas high-end. Versi unlocked dibanderol Rp.14.250.000 ($950 kurs Rp.15.000), LG V40 berusaha untuk bermain di kancah liga besar smartphone dengan pesaing Galaxy Note9 dan iPhone XS.

Daya tahan baterai yang tanggung, pemrosesan foto yang kurang bagus, dan hampir tidak adanya kemampuan menarik penggemar fanatik LG (jika hal semacam itu ada) telah menempatkan LG di belakang dan tertinggal dari Samsung, Google, dan Apple. Dengan harga mendekati Rp.15jutaan tapi dirilis dengan Android versi tua tentunya tidak banyak menambah daya tarik LG V40.

Jika ini semua terdengar seperti banyak kekurangan, Anda tidak salah: cerita tentang LG V40 bukanlah salah satu kegagalan – ini adalah keberhasilan luar biasa yang pasti akan dibandingkan.

LG V40 Review Back

Hardware, Desain LG V40

LG V40 dalam banyak hal sangat mirip dengan V30 yang mendahuluinya. Tapi ponsel ini terasa lebih ramping, lebih halus, dan lebih baik secara umum. Saya tidak bisa mengatakan apa yang terjadi, tetapi LG V40 benar-benar merupakan ponsel yang enak dan bagus untuk dipegang – meskipun licin tetapi LG V40 relatif ringan dan seperti memiliki perasaan premium. Sekiling body ponsel dibalut dengan Gorilla Glass 5, dan semoga bisa menahan bentuk benturan apapun.

Pemindai sidik jari ada di bagian belakang (seperti pada G7, bukan lagi pada tombol daya), dan ada tombol khusus untuk Google Assistant di sisi kiri telepon. Walaupun tidak sering menggunakannya, tapi setidaknya itu tidak dipetakan ke Bixby. Pemindai sidik jari berada di lokasi yang sangat baik, dan saya tidak memiliki keluhan untuk menanggapi tentang akurasi dan ketepatannya dan saya katakan ini sangat bagus. Speaker LG V40 keluar dari lubang suara di bagian bawah ponsel, di area ini Anda akan menemukan port USB-C Quick Charge 3.0 dan jack headphone Quad DAC.

LG V40 Review Speaker

Layar OLED yang mengalami pembaruan dan peningkatan adalah lompatan kemajuan generasi atas panel tahun lalu. Meskipun kecerahan dan sudut pandang tidak setara dengan layar Samsung terbaru, LG OLED baru ini menyenangkan untuk dilihat dan menawarkan kecerahan dan kontras ambient yang jauh lebih baik. Saya pikir ada kekhawatiran nyata bahwa LG akan tetap berada di belakang Samsung dalam permainan OLED, tetapi V40 melihat bahwa celah tersebut secara substansial tertutup, jika tidak sepenuhnya dihilangkan. Layar mendukung HDR, sehingga Anda benar-benar dapat memanfaatkan gamut warna yang diperluas dalam aplikasi seperti YouTube dan Netflix.

Di dalam kotak, Anda akan menemukan quick charger LG dengan kabel USB-A ke C dan sepasang earbud bermerek LG.

Kamera LG V40

Saya akan berterus terang: Saya tidak suka hasil foto dari kamera LG. Mereka tidak terlihat realistis dari jauh. Semua orang mungkin setuju dengan saya dalam hal ini, dan saya mengakui itu. Keluhan saya tidak berakhir dengan kualitas pemrosesan subyektif.

LG V40 Camera Fingerprint Sensor

Butuh waktu lama untuk beralih di antara tiga kamera belakang V40, dan lensa telefoto untuk dibuka. Untuk ponsel baru, ini tidak dapat diterima. Gimmicks kamera baru LG tidak menebus kurangnya kinerja. Mode “triple shot” tidak seperti apa yang saya harapkan (cara untuk langsung menangkap dari ketiga sensor). Dalam mode ini, ponsel mengambil foto dari masing-masing tiga kamera, satu per satu, selama sekitar lima detik, dan mengubahnya menjadi video efek “zoom” yang tidak berguna. Siapa pun di LG yang akan bertanggung jawab atas hal ini benar-benar harus memiliki penilaian kedepan – fitur yang percuma karena buruk jika digunakan.

Secara keseluruhan, sementara saya dapat menghargai berbagai perspektif kamera LG V40 memungkinkan saya untuk mengambil gambar dari berbagai obyek. Apa yang seharusnya menjadi fitur yang signifikan dan berbeda untuk ponsel ini akhirnya menjadi kekecewaan besar.

Apakah LG V40 Layak Dibeli?

Jawaban dari saya: Tidak.
Kecuali ada diskon yang sangat besar, sebaiknya anda tidak usah membeli LG V40. Pada dasarnya LG V40 adalah ponsel yang bagus, tetapi poin di mana fitur yang sering dipakai dan ketat dalam persaingan tidak tergarap dengan baik membuatnya sangat sulit untuk direkomendasikan kepada siapa pun sebagai ponsel untuk dibeli.

Note 9 memiliki lebih banyak ruang penyimpanan, masa pakai baterai yang lebih baik, kamera yang lebih baik, dan layar yang lebih baik. Pixel 3 XL berkinerja lebih baik, memiliki perangkat lunak yang lebih baru (dengan pembaruan/update yang lebih sering), bertahan lebih lama, dan hasil photo yang jauh lebih baik. Pixel bahkan lebih murah. Tentu, LG V40 memiliki headphone jack dan kamera tambahan, tetapi ini tidak berarti, dan tidak bisa menjadi perbedaan menonjol.

LG V40 Review Compare Note 9, One Plus, Apple

LG sebenarnya berusaha meningkatkan kualitas semua produknya tapi sayangnya para pesaingnya terus melakukannya juga dan mereka melakukan dengan lebih baik. Itulah masalah sebenarnya di sini. Bukan karena ponsel LG sangat dirugikan karena tidak menyenangkan atau tidak praktis untuk digunakan, itu karena memang pesaing LG sangat bagus. Apple, Samsung, Google, dan Huawei adalah inovator smartphone utama, dan untuk semua yang telah dilakukan LG untuk membuat produknya lebih baik selama bertahun-tahun, perusahaan-perusahaan itu secara konsisten mengalahkan mereka. Dengan LG V40, itu terus menjadi kenyataan. Itu mungkin bukan kesimpulan yang sangat memuaskan, tapi itu salah satu yang saya rasa tidak bisa dihindari.

Silakan membeli jika Anda suka posnel dengan tiga kamera dan ingin mengetahui dan menggali lebih banyak pemoresan photo yang aneh dari LG V40. Kedua, jika Anda bisa mendapatkan diskon yang sangat besar sebaiknya anda ambil ponsel LG V40 untuk anda pakai.