Google Pixel 3 & Pixel 3 XL Review: Kualitas Kamera Yang Unggul

 

Android telah menjadi platform komputasi paling populer di jagad ini, tetapi Google memiliki masalah menjual ponsel Android buatannya sendiri. Selama bertahun-tahun mencoba untuk membuat perangkat Nexus menjadi “sesuatu”, tetapi mereka tidak pernah tertangkap radar pasar. Dengan debut program Pixel pada tahun 2016, perusahaan ini mengambil pendekatan yang berbeda — mulai membangun smartphone dengan mempertimbangkan konsumen. Google belum melakukan semuanya dengan sempurna, tetapi sudah cukup bahwa Pixel generasi pertama dan kedua relatif mudah untuk direkomendasikan. Itu membawa kita ke Pixel generasi ketiga yaitu Google Pixel 3 dan Google Pixel 3 XL.

Perangkat ini benar fokus pada kekuatan seperti kinerja kamera dan perangkat lunak, tetapi perangkat keras juga terasa high-end. Tentu saja, Pixel 3 XL memiliki lekukan yang memecah belah di bagian atas, tetapi saudara kandungnya yang lebih kecil memiliki bezel “normal” yang tipis.

Tahun ini Google mematok harga lebih tinggi untuk produk Google Pixel 3 & Pixel 3 XL, yang dimulai pada $800-$900 (Rp.12jt-Rp.13.5jt kurs Rp.15rb). Mungkin dengan harga segitu tinggi akan ada yang mencemooh anda karena mau mengeluarkan uang yang banyak. Saya tidak akan memberi tahu Anda Pixel 3 XL adalah perangkat yang menarik, tetapi intinya adalah: jika Anda mau membeli ponsel baru saat ini, itu pasti saya rekomendasikan salah satunya Pixel 3.

Google Pixel 3 - Pixel 3 XL Front

KEUNGGULAN Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL

Kamera
Pemrosesan gambar HDR+ lebih baik tahun ini, dan ada banyak fitur baru juga. Kamera Pixel 3 dapat melacak objek di sekitar frame dengan presisi yang luar biasa, mengambil selfie wide-angle, dan menggunakan zoom digital yang ditingkatkan. Ini hanya membutuhkan foto terbaik di ponsel.

Kinerja Ponsel
Google tidak mengemas Pixel 3 dengan perangkat keras yang mengesankan seperti beberapa ponsel, tetapi kinerjanya masih top-tier. Tidak ada lag dan UI nya bagus.

Perangkat lunak
Pixel 3 dilengkapi dengan Pie, dan itu akan mencakup beberapa fitur khusus seperti Layar Panggilan dan gratis cadangan Foto berkualitas tinggi. Anda juga dijamin akan mendapatkan pembaruan perangkat lunak selama tiga tahun.

Ponsel kecil yang hebat
Google menjadikan perangkat Pixel 3 kecil tanpa kompromi. Ini sama kuatnya dengan kakaknya, dan Anda mungkin juga mengatakan itu lebih menarik.

Speakers
Ada dua dari mereka, dan mereka menunjuk ke arah Anda.

Display
Panel OLED baru lebih baik dari tahun lalu. Teksturnya lebih konsisten, dan warnanya jauh lebih baik. The “purple smear” sudah berkurang; sekarang setara dengan Samsung.

MINUS Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL

Jack Headphone
Tidak ada satu pun. Tidak semua orang mengharapkan ada jack headphone, tapi kalau ada akan lebih baik.

Harga
Kenaikan harga $150 merupaka tamparan lembut utnuk Pixel, dan tambahan $50 untuk XL membuat harga mendekati area Note 9.

The Notch
Notch Pixel 3 XL konyol. Ini bukan akhir dunia, tapi saya tidak suka estetika. Ini juga membatasi seberapa banyak informasi yang akan Anda lihat di status bar.

Navigasi Gesture
Navigasi gesture Google masih membutuhkan peningkatan. Sayangnya, Anda tidak dapat kembali ke tombol pada Pixel 3.

Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL Specs

Ada beberapa perbedaan spesifikasi antara Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL.

Dimensi: untuk Pixel 3 XL dimensinya 158 x 76.7 x 7.9 mm (6.22 x 3.02 x 0.31 in) dan untuk Pixel 3 hanya 145.6 x 68.2 x 7.9 mm (5.73 x 2.69 x 0.31 in).

Berat: 184 g (6.49 oz) untuk Pixel 3 XL dan 148 g (5.22 oz) Pixel 3

Ukuran Layar dan Resolusi: Pixel 3 XL dengan layar 6.3 inches, 100.3 cm2 (~82.8% screen-to-body ratio) dengan resolusi 1440 x 2960 pixels, 18.5:9 ratio (~523 ppi density), sedangkan layar Pixel 3 hanya 5.5 inches, 76.7 cm2 (~77.2% screen-to-body ratio) dengan resolusi 1080 x 2160 pixels, 18:9 ratio (~443 ppi density).

Baterai: Pixel XL menyematkan Non-removable Li-Ion 3430 mAh battery dan Pixel 3 mempunyai Non-removable Li-Ion 2915 mAh battery.

Untuk detil spesifikasi silakan cek dibawah ini.

Google Pixel 3 - Pixel 3 XL Specs Compare

Apakah Google Pixel 3 dan Pixel 3 XL pantas untuk di beli.

YA. Pixel 3 mungkin tidak memiliki banyak fitur seperti Note 9 atau label harga rendah seperti ponsel OnePlus. Namun, ia memiliki versi Android terbaik yang bisa Anda dapatkan dan kamera mumpuni. Kualitas pembuatan perangkat ini tampaknya sangat baik dengan badan kaca yang tidak segera menjadi berminyak. Performanya solid dengan animasi yang halus dan lancar serta penggunaan memori yang efisien. Ya, Anda hanya memiliki RAM 4GB, tetapi itu tidak memperlambat kinerja ponsel ini. Nilai pembaruan perangkat lunak bulanan yang konsisten juga tidak dapat dilebih-lebihkan.

Belilah jika Anda tidak suka menunggu pembaruan Android atau menggunakan perangkat lunak yang lawas, dan Anda ingin mengambil foto terbaik dengan ponsel Anda. Dan jangan membeli jika Anda menginginkan ponsel besar dan tidak ingin membayar Rp.13.500.000 ($900 kurs Rp.15.000) untuk sesuatu yang memiliki kedudukan layar yang cukup besar.