Google Photos Live Album Dibatasi 10.000 Foto

 

Google Photos menambahakan fitur Live Album beberapa minggu yang lalu, tetapi karena pengguna mulai bersemangat dan mulai membuat album, beberapa dari mereka tidak melihat jika sebenarnya Google Photos Live Album ini ada batasnya, dan memang pihak Google sendiri tidak mempublikasannya secara terbuka. Live Album dibatasi hanya bisa menyimpan 10.000 foto (private album) dan 20.000 foto untuk (shared album) dan bila Album sudah berisi 10.000 foto Anda tidak akan bisa menambhkan lagi foto kedalam album Anda. Untuk detil dokumentasinya silakan buka halaman ini.

Sampai saat ini, Album Live saya hanya menyimpan 3.800 foto dan untuk mencapai angka 10.000 setidaknya butuh waktu yang lumayan lama. Jadi bagi saya, batas Live Album diangka 10.000 sangatlah besar. Tetapi jika Anda memiliki hobi fotografi dan Anda benar-benar suka mengambil foto, untuk mencapai batas angka 10.000 sangatlah cepat.

Beberapa pengguna melaporkan ketika mereka mencapai batas angka 10.000 di album live, mereka tidak dapat menambahkan foto lagi. Itu berarti setiap foto baru yang mereka ambil tidak akan ditambahkan secara otomatis ke album. Dan untuk bisa menambahkan foto baru itu, Anda harus menghapus foto lama yang notabene foto lama Anda yang mungkin merupakan arsip berharga.

Google Photos Live Album Limit 10000

Dan bagaimana jika batas album sudah tercapai. Anda bisa mengakalinya dengan mebuat album baru. Ikuti langkah berikut.

Cara membuat Google Photos Live Album yang baru

  1. Mulailah dengan klik New Album
  2. Nanti ada layar muncul dan pilih Options
  3. Klik tanda + untuk “Automatically add photos” dan pilihlah foto yang akan anda masukan dalam album. Pastikan “add older photos from my library” sudah di non aktifkan.
  4. Kemudian setelah Anda mengaktifkan Live Album, hanya foto baru yang Anda pilih yang akan disertakan dalam album.

Google Photos Live Album

Namun, banyak pengguna berharap batas penyimpanan ditingkatkan, dan tentunya kita tidak perlu lagi menghapus foto lama yang mungkin masih berharga untuk disimpan.