Google Pixel 3 unlocked

Cara Unlock Bootloader Google Pixel 3 dan Google Pixel 3 XL

 

Seperti seri Google Nexus, smartphone Google Pixel adalah salah satu perangkat yang mudah di unlock bootloadernya dan mudah diroot. Setelah itu Anda bisa install custom ROMs and kernels. Begitu juga dengan Google Pixel 3 dan Google Pixel 3 XL yang dirilis tahun 2018 ini. Saat ini dengan aplikasi Magisk kamu bisa root Google Pixel 3 dan Google Pixel 3 XL dengan mudah. Saat artikel ini ditulis, versi terbaru Magisk adalah versi 1.73. Unlock bootloader Google Pixel 3 hanya perlu beberapa detik, dan dalam beberapa menit kemudian ponsel kamu sudah bisa dalam kondisi unroot dengan Magisk. Jika Anda sebelumnya pernah unlock Google Nexus, Google Pixel, atau OnePlus, Anda tidak akan mengalami masalah saat unlock Google Pixel 3 dan menginstal Magisk. Dan untuk menyegarkan ingatan kamu, berikut adalah tutorial cara unlock bootloader Google Pixel 3 dan Google Pixel 3 XL dengan Magisk.

Cara Unlock Bootloader Google Pixel 3 dan Google Pixel 3 XL

CATATAN: Dengan anda unlock bootloader, berarti Anda akan menghapus semua data dari perangkat ponsel Anda. Semua data yang ada di peyimpanan internal seperti gambar, video, musik, dokumen, dll akan hilang karena terhapus. Sebaiknya anda melaukan backup ke PC atau penyimpanan Cloud sebelum memulai proses unlocking.

LANGKAH 1: Buka Settings > System

LANGKAH 2: Pilih About phone.

LANGKAH 3: Geser layar sampai kebawah, ditulisan Build number pencet sebanyak 7 kali suapaya bisa masuk dalam mode Developer.

LANGKAH 4: Untuk memastikan mode Developer sudah aktif, tekan Back dan pastikan menu Developer options sudah muncul.

LANGKAH 5: Aktifkan OEM unlocking. Jika sebelumnya anda menset Password atau PIN. Mungkin Anda diminta memasukan Password atau PIN. Masukan sesuai password atau PIN yang sudah Anda set sebelumnya.

LANGKAH 6: Geser layar kebawah sedikit dan aktifkan USB debugging.

LANGKAH 7: Colokan/sambungkan Google Pixel 3 dan Google Pixel 3 XL ke PC dan install ADB dan Fastboot.

LANGKAH 8: Pastikan ponsel Google Pixel 3 dan Google Pixel 3 XL terdeksi di PC. Dari folder ADB and Fastboot binaries buka Terminal/Power Shell/command prompt, tergantung OS PC kamu.

Windows Command Prompt: adb devices

Windows Power Shell: .\adb devices

macOS/Linux Terminal: ./adb devices

Jika SN (nomor seri) ponsel anda muncul dan tertulis “authorized” maka Anda siap untuk memulai. Jika ADB baru pertama kali disetting untuk ponsel Google Pixel 3 dan Google Pixel 3 XL biasanya akan muncul prompt/layar di ponsel Anda untuk mengaktifkan USB Debugging untuk PC Anda. Berikan izin dan aktifkan. Install Driver USB Google yang terbaru jika PC Windows tidak mengenali ponsel Google Pixel 3 dan Google Pixel 3 XL.

LANGKAH 9: Reboot ponsel lewat bootloader. Saat booting tekan tombol power and volume down (-) bersamaan. Atau kamu bisa reboot melalui ADB dengan menjalankan perintah berikut.
adb reboot bootloader

LANGKAH 10: Setelah kamu sudah di bootloader menu. Gunakan perintah fastboot berikut untuk unlock Google Pixel 3 dan Google Pixel 3 XL.
fastboot flashing unlock

LANGKAH 11: Layar peringatan akan resiko unlock bootloader akan muncul. Baca saja kalau mau. Untuk lanjut tekan tombol volume up sampai muncul “unlock the bootloader”. Setelah itu tekan tombol power. Selanjutnya Google Pixel 3 kamu akan unlock bootloader dan reboot, selanjutnya akan kembali ke Menu Bootloader. Setelah reboot dan Anda akan melihat status bootloader telah berubah dari locked (hijau) menjadi unlocked (merah).

LANGKAH 12: Akhirnya reboot ponsel anda dengan menjalankan perintah berikut.
fastboot reboot

Ponsel Google Pixel 3 or Google Pixel 3 XL sudah unlock bootloader. Pesan tentang peringatan bahwa bootloader ponsel sudah di unlock akan muncul setiap booting, abaikan saja dan tidak perlu khawatir karena tidak akan memengaruhi penggunaan sehari-hari Anda.