Aplikasi Android Terbaik 2018 Wajib Ada Diponsel Anda

25 Aplikasi Android Terbaik 2018 Wajib Ada Diponsel Anda

 

Jumlah aplikasi di Google Play Store telah meningkat menjadi sekitar 3,3 juta pada Maret 2018. Dari semua yang ada, beberapa aplikasi mempunyai fungsi yang sama. Jadi, daripada Anda mencoba semuanya satu persatu, kami coba bantu untuk menghemat waktu Anda dengan menyusun daftar aplikasi Android terbaik dan gratis menjelang akhir tahun 2018 ini. Dalam daftar aplikasi android terbaik berikut ada beberapa aplikasi Android penting yang harus Anda miliki di perangkat ponsel Anda.

CATATAN: Kami membuat daftar ini berdasar penilaian (rating) pengguna, fitur aplikasi, dan popularitas. Jika Anda tidak setuju/cocok dengan daftar aplikasi dibawah ini, Anda bebas memilih aplikasi alternatif lain yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

25 Aplikasi Android Terbaik 2018 Wajib Ada Diponsel Anda

1. Nova Launcher

Aplikasi Android Terbaik Nova Launcher

Nova Launcher adalah salah satu launcher Android terbaik yang telah ada di Play Store selama bertahun-tahun. Aplikasi ini ringan dan bisa dirubah/dikustomisasi sesuai keinginan dan kebutuhan pengguna (custom). Tersedia banyak paket ikon tersedia di Play Store untuk mengubah tampilannya.

Nova Launcher mendukung kustomisasi app-drawer, memiliki dock yang dapat digeser, badges pemberitahuan, folder dan ikon yang bisa dikustomisasi, dan ada sekitar selusin gestures untuk kemudahan penggunaan. Aplikasi ini gratis untuk diunduh, tetapi versi berbayarnya memberikan banyak fitur lain termasuk beberapa gestures yang tidak ada dalam versi gratisannya.

2. Google Assistant

Aplikasi Android Terbaik Google Assistant

Google Assistant adalah asisten pribadi buatan yang dikembangkan oleh Google yang memungkinkan pengguna untuk menavigasi, berkomunikasi, dan menyelesaikan banyak hal. Anda dapat menggunakan Google Assistant di perangkat Android atau iOS Anda untuk mengendalikan aplikasi, mengajukan pertanyaan, bermain game, membuat rencana, dan lain-lain termasuk 30+ Super Useful Voice Commands. Aplikasi ini bisa digunakan untuk semua jenis smartphone Android yang menjalankan Android Marshmallow, Nougat, atau Oreo dan bahkan pada Smartwatches.

3. Swiftkey

Aplikasi Android Terbaik Swiftkey

Keyboard SwiftKey dipercaya oleh lebih dari 250 juta pengguna di seluruh dunia. Aplikasi ini menggunakan kecerdasan buatan yang memungkinkannya untuk belajar dan dapat secara memberikan prediksi apa yang ingin diketik oleh pengguna.

Swiftkey memiliki fitur koreksi otomatis dan ketikan gesture untuk input yang lebih cepat. Selain itu, ada mesin pencari GIF, berbagai macam themes dan merupakan keyboard yang sangat baik untuk orang-orang menggunakan multi bahasa (bilingual). Swiftkey tidak menyimpan informasi seperti isian kata sandi dan informasi sensitif seperti nomor kartu kredit. Secara keseluruhan, Swiftkey akan meningkatkan pengalaman mengetik Anda dan merupakan aplikasi yang harus dimiliki di perangkat Android Anda.

4. Aplikasi Panggilan Video: Google Duo (Video Calling)

Aplikasi Android Terbaik Google Duo

Google Duo adalah salah satu aplikasi panggilan video terbaik untuk Android dengan antarmuka yang sederhana. Sangat mudah untuk masuk dan memverifikasi nomor Anda, dan Anda dapat melakukan panggilan video cepat seperti membuat panggilan telepon standar. Fitur “Knock Knock” yang unik memungkinkan Anda memiliki pratinjau langsung dari pemanggil sebelum Anda menerima panggilan. Aplikasi ini tersedia untuk pengguna Android dan iOS.

5. Evernote

Aplikasi Android Terbaik Evernote

Evernote adalah utilitas lintas platform untuk membuat catatan dalam berbagai format, termasuk teks, foto, audio, video, sketsa, dan lainnya. Ini adalah salah satu alat yang Anda butuhkan untuk menjadikan diri Anda tetap terorganisir dalam kehidupan Anda yang sibuk. Evernote syncs di semua perangkat Anda untuk memfasilitasi dan memudahkan alur kerja. Evernote juga memiliki widget home-screen untuk akses cepat ke catatan Anda. Ini adalah salah satu aplikasi Android penting untuk setiap pengguna.

6. WPS Office + PDF

Aplikasi Android Terbaik WPS Office + PDF

WPS adalah aplikasi Office Suite gratis dengan fitur all-in-one. Ini sepenuhnya kompatibel dengan Microsoft Word, Excel, Powerpoint, dan mengintegrasikan PDF, presentasi, spreadsheet, memo, dokumen Google, dll. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan konverter PDF, PDF reader, PDF editor, bersama dengan kemampuan berbagi file, mendukung multi-window, enkripsi data, dll. Ini intuitif dan mudah digunakan, dan Anda juga dapat terhubung ke Cloud Drive untuk menyimpan dokumen Anda secara otomatis ke platform cloud. Secara keseluruhan, ini adalah salah satu aplikasi kantor Android terbaik.

Foxit Mobile PDF juga salah satu yang terbaik di lini pembaca PDF untuk Android. Aplikasi PDF ringan ini memungkinkan Anda untuk melihat, membubuhi keterangan dan melindungi file PDF di perangkat Android. Dan Anda dapat langsung membagikan dokumen yang diedit ke jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dll. Dengan Connected PDF, Anda dapat membagikan file PDF dengan tautan file, membagikan komentar dan diskusi pada dokumen PDF dan bahkan melacak siapa yang membaca atau mengedit file PDF Anda.

Aplikasi Android Terbaik Foxit MobilePDF - PDF Reader Editor

7. Aplikasi Berita: Google News

Aplikasi Android Terbaik Google News

Aplikasi Google News dikenal untuk menyampaikan berita yang paling relevan dalam RSS berita dengan menggunakan teknik A.I. Tidak heran, ini adalah salah satu aplikasi berita terbaik yang harus Anda gunakan. Aplikasi Google News menawarkan tab “untuk Anda (for you)” yang menampilkan berita yang dipersonalisasi dan tapping “cakupan penuh (full coverage)” yang menampilkan berita yang sama yang dilaporkan oleh penerbit yang berbeda, menyoroti semua perspektif.

8. Aplikasi Pengelola File: ES File Explorer

Aplikasi Android Terbaik ES File Explorer

ES File Explorer adalah salah satu aplikasi pengelola file Android populer dengan semua fitur yang diperlukan. Dilengkapi dengan Space Analyzer untuk membantu Anda mengosongkan ruang penyimpanan pada perangkat Anda. Berbagi media dengan pengguna ES File Explorer lainnya melalui WiFi sangatlah mudah. ES File Manager juga dilengkapi dengan Manajer Aplikasi tempat Anda dapat mencopot pemasangan/mencadangkan aplikasi. Anda bahkan dapat menghapus aplikasi sistem dengan hak akses root. Fitur “Root Explorer” membuka banyak fungsi untuk perangkat yang di-rooting. Namun, aplikasi ini menunjukkan banyak iklan yang mengganggu dan ditujukan untuk pengguna yang sudah master (advanced). Jika tidak mau ada iklan, ES File Explorer juga memberikan pilihan versi berbayar.

9. Aplikasi Penyimpanan Cloud: Google Drive

Aplikasi Android Terbaik Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan cloud besar yang memberi Anda ruang kosong untuk menyimpan dan mengakses file Anda di platform cloud. Anda dapat menelusuri semua file dan folder yang Anda simpan di Drive dan membagikan, memindahkan, mengunduh, mengganti nama atau mencetak file apa pun dari aplikasi.

Ini juga mencakup Google Docs, Spreadsheet, dan Slide, dimana Anda dapat mengedit dokumen, spreadsheet, formulir, presentasi, dll. Dan menyimpannya di Drive. Pengguna dapat memiliki akses ke 15 GB ruang kosong di Google Drive, Gmail, dan Google Foto. Aplikasi Android penting ini membantu Anda menyimpan file berharga Anda di cloud secara gratis.

10. Aplikasi Ngobrol: WhatsApp

Aplikasi Android Terbaik WhatsApp Personal

WhatsApp adalah aplikasi pesan instan gratis, dengan WhatsApp pengguna dapat berkomunikasi satu sama lain menggunakan layanan internet. Aplikasi ini bisa untuk mengirim pesan teks dan pesan suara, berbagi tautan, gambar, dan lokasi, melakukan panggilan video, dan lain-lain ke pengguna lain di seluruh dunia. Ini adalah salah satu aplikasi pesan instan Android yang aman dan juga dapat diakses dari lingkungan desktop.

WhatsApp ini sekarang mempunyai versi Personal dan Bisnis. Untuk WhatsApp Bisnis bisa Anda install di ponsel Android Anda bersamaan dengan WhatsApp Personal. And jug abisa mengaktifkan kedua aplikasi ini dengan dua nomor yang berbeda. Jadi sekarang urusan pribadi dengan bisnis Anda tidak akan tercampur.

Aplikasi Android Terbaik WhatsApp Business

11. Aplikasi Selancar/Browser: Google Chrome

Aplikasi Android Terbaik Google Chrome

Google Chrome adalah aplikasi selancar (browsing) lintas platform. Aplikasi ini gratis dan memeiliki fitur penting seperti tab tanpa batas, kompatibel dengan HTML5, sinkronisasi desktop, tautan cepat ke situs favorit, Google Search dan Google Translate yang terintegrasi. Aplikasi ini nyaman, cepat dan memberikan pengalaman penelusuran aman dengan banyak opsi yang dapat disesuaikan. Google Chrome adalah salah satu browser Android terbaik yang ada saat ini.

12. Aplikasi Berbagi File: Xender

Aplikasi Android Terbaik Xender

Xender adalah salah satu aplikasi Android penting yang harus Anda miliki di perangkat Anda. Aplikasi ini bisa menyelamatkan Anda dari kerumitan membawa kabel data USB untuk bertukar file dengan PC karena dengan Xender tidak diperlukan perangkat lunak PC untuk mengirim atau menerima file. Selain itu, Xender seratus kali lebih cepat daripada Bluetooth untuk mentransfer file antar perangkat apa pun, dan Xender tersedia dalam lintas platform.

13. Aplikasi Pemutar Video: MX Player

Aplikasi Android Terbaik MX Player

Pemutar video untuk Android ini mendukung hampir semua format file video dan audio. MX Player berisi banyak fitur termasuk pengeditan kerangka waktu subjudul (subtitle timeframes), kontrol volume dan mempercepat video dengan sentuhan (gesture), membesarkan dan mengecilkan tampilan video bisa dilakukan dengan sentuhan, kids lock, dan banyak lagi. MX Player versi gratis menampilkan iklan. Selain itu, MX Player didukung dan dilengkapi dengan plugin untuk fungsionalitas tambahan.

14. Aplikasi Peta & GPS: Google Maps

Aplikasi Android Terbaik Google Maps

Google Maps adalah layanan pemetaan web untuk navigasi GPS real-time, lalu lintas, transit, dan detail tentang jutaan orang. Google Maps menawarkan peta jalan, citra satelit, info lalu lintas real-time, rute jalan pintas, dan banyak lagi. Aplikasi ini mencakup peta yang akurat lebih dari 200 negara dan wilayah. Dengan bantuan layanan Google Maps, dengan mudah Anda dapat menjelajah tempat yang asing dan tidak diketahui sebelumnya. Google Maps adalah salah satu aplikasi Android penting yang harus ada di ponsel Anda.

Jika Anda mengalami masalah dengan Maps seperti kecepatan aplikasi lambat atau kesulitan antarmuka, Anda dapat mencoba Android Auto, ini aplikasi navigasi Google lainnya yang secara otomatis mengoptimalkan seluruh perangkat Anda untuk mengurangi gangguan saat mengemudi.

15. Aplikasi Edit Foto: PicsArt

15 Aplikasi Android Terbaik PicsArt

Dengan lebih dari 100 juta unduhan, PicsArt adalah salah satu aplikasi pengeditan foto favorit untuk Android. Anda akan kewalahan dengan jumlah opsi yang Anda miliki dalam PicsArt untuk menyesuaikan foto Anda. PicsArt memiliki jejaring sosial untuk berbagi foto dalam aplikasi. Fitur-fiturnya termasuk kolase, menggambar pada foto, bingkai, stiker, free cropping, alat klon, alat tilt-shift, perspektif changer dan banyak lagi. Aplikasi ini tersedia secara gratis dengan opsi pembelian dalam aplikasi dan iklan bergambar.

16. Aplikasi Remote Kontrol: Unified Remote

16 Aplikasi Android Terbaik Unified Remote

Unified Remote adalah salah satu aplikasi go-to untuk mengontrol PC Anda dari perangkat Android. Ini menggunakan Bluetooth atau Wifi untuk mengontrol PC Anda dari jarak jauh dan dilengkapi dengan dukungan untuk lebih dari 90 program populer. Mendukung Windows, Linux, dan Mac, dan membutuhkan program server untuk diinstal.

Dengan menggunakan Unified Remote, Anda dapat membangunkan komputer dari jarak jauh menggunakan fitur “Wake on LAN” dari jarak jauh. Semua fitur yang diperlukan seperti pencerminan layar, keyboard dan mouse, media player controls, dan lain-lain tersedia dalam aplikasi ini. Anda bahkan dapat menggunakannya untuk mengontrol Raspberry Pi atau Arduino Yun. Versi berbayarnya membuka banyak fitur yang berguna termasuk remote dan fungsi khusus untuk perlengkapan Android.

Jika Anda sudah menginstal aplikasi Peel Remote yang terkenal, cobalah beralih ke Unified Remote untuk mendapatkan pengalaman baru.

17. Aplikasi RSS: Feedly

17 Aplikasi Android Terbaik Feedly - Get Smarter

Feedly adalah salah satu aplikasi Android terbaik. Feedly dengan rapi mengatur semua informasi dan berita untuk Anda di satu tempat. Majalah online, blog, saluran Youtube, dan lebih dari 40 juta feeds tersedia dalam aplikasi pembaca RSS gratis ini. Banyak profesional menggunakannya untuk tetap berada selangkah lebih maju karena sangat membantu dalam menganalisis pesaing dan tren.

Feedly didukung oleh RSS dan menawarkan integrasi dengan Facebook, Twitter, Evernote Pinterest, LinkedIn sehingga Anda dapat dengan mudah berbagi cerita dengan jaringan dan rekan tim.

18. Aplikasi Pengelola Sandi: LastPass Password Manager

Aplikasi Android Terbaik LastPass Password Manager

LastPass adalah pengelola kata sandi yang kaya fitur dan brankas pribadi yang aman yang dapat mengunci kata sandi dan informasi pribadi Anda. LastPass memiliki kemampuan untuk mengisi otomatis login di browser dan aplikasi, dan dapat membuatkan kata sandi baru dan aman secara instan. Anda dapat login cukup dengan satu kata sandi daripada mengingat selusin kata sandi. Selain itu, Anda juga dapat menyinkronkan kata sandi dan data Anda di semua perangkat Anda. LastPass intuitif dan cepat serta tersedia di berbagai platform.

19. Aplikasi Pendeteksi Musik: Shazam

19 Aplikasi Android Terbaik Shazam

Shazam adalah aplikasi pengenal musik populer yang dapat secara instan mengidentifikasi musik yang dimainkan di sekitar Anda dan digunakan oleh banyak pecinta musik. Yang Anda butuhkan adalah memegang perangkat Android Anda dekat dengan sumber lagu, dan setelah beberapa detik, aplikasi akan secara akurat mendeteksi lagu tersebut. Selain itu, Anda juga dapat memainkan lagu dan menambahkannya ke daftar putar Spotify, membeli lagu di Google Play Musik dengan satu ketukan, menghubungkan akun Facebook Anda, dll. Jika Anda seorang pecinta musik, aplikasi Android ini wajib dimiliki oleh Anda.

20. Aplikasi Otomatisasi Tugas: Automate

20 Aplikasi Android Terbaik Automate

Mengotomatiskan memungkinkan Anda untuk mengotomatisasi berbagai tugas menggunakan flowchart sederhana. Anda dapat mengotomatiskan Pengaturan sistem untuk melakukan tugas seperti mengubah volume, Bluetooth, GPS, dll. Bahkan memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi berdasarkan lokasi, waktu, tingkat baterai, dan banyak acara lainnya. Dengan aplikasi luar biasa ini, Anda dapat mengotomatiskan hampir semua hal di perangkat Android Anda. Bahkan Automate didukung plug-in aplikasi terkenal seperti Tasker. Automate jelas salah satu aplikasi terbaik untuk Android.

21. Aplikasi Pemindai/Scanner: Tiny Scanner

21 Aplikasi Android Terbaik Tiny Scanner - PDF Scanner App

Tiny Scanner adalah aplikasi pemindai yang dapat memindai setiap jenis dokumen dan menyimpannya sebagai file gambar atau sebagai PDF. Anda dapat menamai dan mengatur file yang dipindai dan membaginya dengan email, menyimpan di DropBox, Google Drive, dll. Dilengkapi dengan banyak fitur pemindai seperti warna, pindaian skala abu-abu dan hitam & putih, penghapusan tepi halaman, menyesuaikan ukuran halaman, menyortir pindaian berdasarkan tanggal dan waktu, dll. Aplikasi ini dioptimalkan untuk berjalan cepat, dan Anda juga dapat melindungi dokumen Anda dengan kode sandi.

22. Navigation Gestures

22 Aplikasi Android Terbaik The Best Navigation Gesture Apps Android

Aplikasi ini menambahkan pil navigasi iPhone X di bagian bawah dan memungkinkan Anda menempatkan gerakan yang berbeda di ponsel Anda. Anda bahkan dapat mengubah tampilan tombol navigasi. Karena Android 9.0 hanya mendukung beberapa perangkat Android saat ini, aplikasi Android ini pastinya akan ada di perangkat Anda.

23. Aplikasi Alarm: Alarmy (Sleep If U Can)

23 Aplikasi Android Terbaik Alarmy (Sleep If U Can) - Mission Alarm Clock App

Jika Anda memiliki kebiasaan melewatkan alarm pagi Anda, Alarmy ini adalah aplikasi Android yang harus dimiliki diponsel Anda. Alarmy memiliki cara unik untuk memecahkan kemalasan pagi Anda dengan meletakkan teka-teki dan tantangan sebelum Anda dapat menunda musik yang mengganggu itu. Terlebih lagi, Anda dapat mengatur tingkat kesulitan tantangan ini sesuai preferensi Anda.

Aplikasi yang berguna ini juga dilengkapi mode foto tempat Anda dapat mematikan alarm dengan mengklik snapshot dari tempat yang terdaftar. Dijuluki sebagai “aplikasi yang paling menyebalkan,” aplikasi alarm ini harus menjadi bagian dari sekumpulan aplikasi Android keren Anda.

24. Aplikasi Pelacak: Habit Tracker

24 Aplikasi Android Terbaik Habit Tracker

Aplikasi Habit Tracker (pelacak kebiasaan) yang dikombinasikan dengan aplikasi Alarm teratas mungkin kombinasi sempurna. Habit Tracker adalah aplikasi pelacak target (goals) all-in-one untuk Android di mana Anda menetapkan target yang disesuaikan.

Selain itu, aplikasi ini memiliki laporan rinci dalam bentuk grafik dan bahkan memberikan motivasi ketika anda sedang galau. Anda juga dapat berpartisipasi di forum dalam aplikasi untuk berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki tujuan serupa. Percaya atau tidak, ini adalah aplikasi Google terbaik yang harus Anda tambahkan dalam rezim kebugaran Anda.

25. Aplikasi Wallpaper: Walli– HD Wallpapers & Backgrounds

25 Aplikasi Android Terbaik Walli - 4K, HD Wallpapers & Backgrounds

Walli bukan hanya aplikasi wallpaper, itu adalah ruang kreatif untuk seniman dan desainer dari seluruh dunia. Wallpaper ini dikuratori setiap hari oleh tim Walli. Selain itu, beberapa artis terpilih juga mendapatkan sedikit bayaran dari aplikasi.

Seperti yang diharapkan dari aplikasi wallpaper, aplikasi ini mudah digunakan, dengan semua wallpaper terstruktur dengan tepat di setiap kategori. Selain itu, mendaftar di aplikasi juga menyinkronkan semua wallpaper di perangkat yang berbeda. Tentu saja, ada jutaan wallpaper yang tersebar di berbagai aplikasi, tetapi aplikasi ini jelas merupakan aplikasi Android terbaik untuk wallpaper.

Semoga Anda menemukan satu atau dua aplikasi yang cocok dari daftar aplikasi android terbaik diatas.