Mengembalikan Hangouts Ke Versi Lama (GChats/GTalk/Google Chat)

Tampilan Hangouts (GTalk/Google Chat) yang baru memang lebih modern, akan tetapi sayangnya tidak semua yang baru itu akan menjadi lebih baik dan fungsi fiturnya diperlukan. Banyak pengguna Google yang akhirnya memutuskan untuk mengembalikan tampilan dan versi Hangouts ke versi lama. Beberapa alasan kenapa mereka melakukan hal tersebut karena Hangouts yang versi baru ini banyak fitur yang tidak mereka perlukan, karena konsep kesederhanaan dan obrolan berdasar teks adalah fungsi utama dari sebuah aplikasi obrolan (chat). Dan beberapa pengguna juga melaporkan dengan hangout yang baru ini, beberapa pesan yang dikirim ke lawan obrolan kita tidak pernah sampai atau bahkan error tanpa adanya notifikasi. Bagi kamu yang mau merubah fungsi dasar Hangouts kembali, silakan ikuti langkah-langkah berikut.

Cara merubah tampilan Hangouts ke versi lama.

  1. Buka browser kamu dan kunjungi https://www.gmail.com, lalu silakan login (Sign In). Setelah kamu berhasil login, kamu akan melihat tampilan halaman Gmail kamu, perhatikan bagian Hangouts saja, dan biasanya navigasi Hangouts ada disebelah kiri halaman.
    Bila sudah ketemu, lakukan seperti instruksi gambar dibawah ini.
    Mengembalikan Hangouts Ke Versi Lama
  1. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut, klik saja “Revert to old chat
    Hangouts Revert To Old Chat

  1. Akan muncul konfirmasi untuk memastikan pilihan kamu, tentunya kamu harus pilih lagi “Revert to old chat“.
    Hangouts Revert To Old Chat Confirmation

  1. Halaman Gmail kamu akan reload/refresh ulang dan kamu akan menemukan tampilannya Hangouts seperti gambar dibawah ini. Bila kamu sudah melihat tampilannya seperti gambar berikut, berarti kamu sudah berhasil mengembalikan Hangouts kamu ke versi lama. Silakan keluar (Logout) dari Gmail dan tutup browser kamu.
    Hangouts Old Version Display