Hilangnya Paket Mail Chatting Indosat dan Pemotongan Paket Data Internet Telkomsel

Dalam dua bulan ini dua provider besar selular Indonesia, yaitu Indosat dan Telkomsel memberikan kejutan yang mengecewakan sebagian besar pelanggannya. (nah tuh yang dibelakang nyeletuk “udah biasa kaleee mereka getuu”).
Apakah kejutan itu? Kejutan itu adalah penghapusan Paket Blackberry Mail & Chatting Indosat dan pemotongan kuota Paket Data Telkomsel MKIOS yang tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu.

Paket BlackBerry On-Demand (BOD) Mail & Chatting Hilang

Paket ini sekarang sudah resmi dihapus/hilang dari menu pendaftaran UMB kartu prabayar Indosat. Jadi ketika kamu menekan *123# dan memilih menu Paket Blackberry atau dial *889#, maka pilihan Paket Blackberry Mail & Chatting sudah tidak ada. Sekarang dimenu UMB *889# hanya ada paket Full Service, GaulBanget & Gaul, Bisnis, PaketBB OS10, ExtraBB dan Gift BB.

Sebelumnya paket BlackBerry Mail & Chatting ini menawarkan fitur yang lumayan lengkap. Adapun fitur Paket BlackBerry On-Demand (BOD) Mail & Chatting ini adalah:

  • i-go WAP
  • eMail sampai dengan 10 account (bisa push email GMail, Yahoo, Hotmail dan email lainnya selain user@Indosat.BlackBerry.com)
  • Chatting (BlackBerry Messenger, Yahoo Messenger, Goggle Talk, ICQ, Windows Live Messenger)

Harga Paket BlackBerry Mail & Chatting

Nama Paket
Cara Daftar
Masa Berlaku
Tarif Baru
(sudah PPn)
Paket BB Mail & Chatting HarianMail Harian SMS ke 8891 hariRp.2.000
Paket BB Mail & Chatting MingguanMail Mingguan SMS ke 8897 hariRp.13.000
Paket BB Mail & Chatting BulananMail Bulanan SMS ke 88930 hariRp.45.000

Kuota Paket Data Telkomsel MKIOS Di Sunat

Berbeda dengan provider Telkomsel yang melakukan penyunatan kuota untuk paket data internet mereka yang dijual melalui MKIOS. Kuota yang tadinya melimpah kini telah disunat hampir 33% s.d 43% dari kuota awal. Tidak tau kenapa hal ini dilakukan oleh provider Telkomsel. Biasanya pengurangan kuota dibarengi dengan turunnya harga, tapi tidak dengan Telkomsel, mereka mengurangi kuota tapi harga masih sama dengan sebelumnya.

Berikut tabel perubahan paket data internet Telkomsel MKIOS

SEBELUM PEMOTONGAN
SESUDAH PEMOTONGAN
PENGURANGAN
Harga
Kuota
Masa Aktif
Harga
Kuota
Masa Aktif
dalam %
Rp.20.000600Mb30 HariRp.20.000340Mb30 Hari43.33%
Rp.50.0001.5GB30 HariRp.50.0001GB30 Hari33.33%
Rp.100.0005GB30 HariRp.100.0003GB30 Hari40%

Bila kamu lihat dari tabel diatas, terlihat pemotongannya lumayan besar, bandingkan tabel sebelah kiri (SEBELUM PEMOTONGAN) dan tabel sebelah kanan (SESUDAH PEMOTONGAN)

Oh ya, pembelian paket data internet MKIOS ini juga akan menambah masa aktif kartu kamu.
Berikut adalah rincian penambahan masa aktif kartu kamu.

  • Pembelian kuota 40Mb akan menambah masa aktif kartu 7 Hari
  • Pembelian kuota 80Mb akan menambah masa aktif kartu 15 Hari
  • Pembelian kuota 340Mb akan menambah masa aktif kartu 30 Hari
  • Pembelian kuota 500Mb akan menambah masa aktif kartu 30 Hari
  • Pembelian kuota 1GB akan menambah masa aktif kartu 45 Hari
  • Pembelian kuota 3GB akan menambah masa aktif kartu 60 Hari

Tips Buat Kamu

Nah sudah tahu kan infonya. Sekarang sedikit tips bagi kamu yang masih berlangganan Paket BlackBerry Mail & Chatting dan masih aktif, JANGAN UNREG dan jangan sampe telat isi pulsa serta pastikan ada pulsa sebesar minimal Rp.50.000 di kartu Indosat kamu, jadi saat Paket BlackBerry Mail & Chatting sudah mau habis, paket akan bisa perpanjang otomatis jika pulsa dikartu kamu mencukupi.

Selama kamu tidak UNREG dan Paket BlackBerry Mail & Chatting tetap aktif, maka kamu akan terus bisa menikmati Paket BlackBerry Mail & Chatting disaat orang lain sudah tidak bisa mendaftar lagi. Cara ini tidak menjamin bila Paket BlackBerry Mail & Chatting akan aktif terus, karena sewaktu-waktu Indosat bisa saja memberhentikan Paket BlackBerry Mail & Chatting kamu kapan saja diakhir masa aktifnya dan tidak bisa diperbaharui. Ada pikiran untuk selingkuh ke provider lain? 😀

Buat pelanggan Telkomsel yang tadinya menikmati kuota melimpah, sekarang saatnya ngelus dada, sambil bicara pelan “Sakitnya tuh disini” 🙂