Fitur WA

Fitur Inovatif WhatsApp Terbaru Yang Perlu Kamu Tahu

Persaingan antar vendor didunia pesan instan semakin panas, banyak muncul aplikasi-aplikasi pesan instan baru setiap hari yang berusaha untuk mendapatkan tempat disegmen pasar ini. Seperti kita ketahui selain pemain kecil, pemain besar seperti Telegram, WhatsApp, Nimbuzz, Line dan yang lainnya berusaha untuk menjadikan aplikasi mereka yang terbaik dan terinovatif. Berbagai fitur ditambahkan dan disempurnakan pada setiap perilisan update/pembaruan aplikasi untuk bisa bersaing dan menjadi terbaik diantara yang terbaik.

Seperti kita tahu, salah satu aplikasi pesan instan WhatsApp yang terkenal dan sangat banyak penggunanya (sekitar 1 miliar pengguna) sekarang juga mulai menambahkan banyak fitur diapliksai pesan instan mereka. Beberapa fitur baru yang ditambahkan bisa dibilang inovatif dan bisa mematikan bagi pesaingya. Mungkin sebagian kamu sudah tahu fitur baru WhatsApp yang ditambahkan dalam beberapa kali update/pembaruan aplikasi mereka. Bagi yang belum tahu, silakan dicek fitur baru WhatsApp yang mungkin bisa mendukung percakapan dan komunikasi kamu semakin lengkap.

  1. Lampiran Dokuman/Video

Adalah hal biasa berbagi foto dengan teman menggunakan pesan singkat, tapi WhatsApp memberikan fitur baru yang bisa kamu coba yaitu fitur mengirim dokumen/file/video melalui pesan singkat. Jadi sekarang kamu sudah tidak perlu lagi mengirim dokumen atau video lewat eMail, cukup gunakan WhatsApp dan kamu bisa kirim dokumen atau video secara instan. Batas besarnya dokumen dan video yang boleh dikirim lewat aplikasi WhatsApp ini juga tidak tanggung-tanggung yaitu 100MB.

WhatsApp Kirim Dokumen

  1. Teks Pesan Yang Bisa di Kustomisasi

Fitur ini mungkin buat beberapa orang tidaklah penting, karena memang teks yang bisa dikustom ini biasanya hanya ada di teks editor untuk penulisan dokumen. Di WhatsApp fitur ini sudah bisa kamu coba pakai. Caranya sangatlah mudah, cukup menambahkan karakter * untuk huruf TEBAL, _ untuk huruf MIRING, ~ untuk huruf diCORET/STRIKE. Karakter tersebut harus ditambahkan di awal dan akhir kalimat, contohnya seperti berikut.

*Teks TEBAL* -> Teks TEBAL
_Teks MIRNG_ -> Teks MIRING
~Teks CORET/STRIKE~ -> Teks CORET/STRIKE

Saat ini hanya 3 kustomisasi teks itu yang bisa kamu lakukan, walaupun begitu ada kemungkinan kedepannya WhatsApp akan menambahkan di pembaruan/update selanjutnya.

WhatsApp Kustomisasi Teks

  1. Video Status Profile

Yang sudah memakai aplikasi Instagram pasti pernah memakai fiturnya yang dinamakan “Instagram Stories”, nah di WhatsApp fitur ini juga ada, fungsinya kurang lebih sama, selain bisa memakai foto atau gambar untuk menghiasi status kamu, sekarang kamu juga bisa menggunakan video durasi pendek untuk status kamu di profil WhatsApp.

WhatsApp Profile

  1. Berbagi Lokasi Live

Walaupun bukan yang pertama kali mengenalkan fitur “Live Location” ini (pertama kali muncul di aplikasi Telegram), tapi karena WhatsApp mempunyai komunitas dan anggota yang besar, maka fitur ini lebih dikenal di aplikasi WhatsApp dibandingkan di aplikasi lain. Fitur ini memberikan kemudahan penggunanya untuk berbagi lokasi secara live/langsung dengan lawan bicaranya atau anggota group. Dan fitur ini juga memberikan batasan lamanya waktu kamu akan mengijinkan lawan bicaramu bisa mengetahui keberadaan kamu secara langsung, jadi ketika waktu yang kamu tentukan sudah habis, maka lawan bicaramu juga sudah tidak bisa melihat posisi/lokasi kamu saat itu. Pilihan lamanya waktu berbagi adalah 15 Menit, 1 Jam dan 8 Jam, waktu pembatasan ini bisa kamu pilih sebelum kamu membagikan lokasi kamu secara live.

WhatsApp Share Location Live

  1. Hapus Pesan Setelah Terkirim

Pernahkah kamu mengirim pesan dan salah alamat dan kamu bingung karena tidak bisa menghapusnya karena pesannya berisi sesuatu yang tidak boleh dibaca oleh orang lain dan sudah terlanjur terkirim. Saat ini kamu tidak perlu khawatir jika menggunakan WhatsApp, karena fitur menghapus pesan yang sudah terkirim sekarang ada di WhatsApp. Fitur ini mungkin bisa berguna buat kamu ketika kamu salah kirim pesan ke kontak lain, dan jenis penghapusan fitur ini terdiri dari 2 yaitu:

DELETE FOR ME, jika kamu memilih ini, maka pesan yang terhapus hanya pesan yang ada di pihak kamu saja. Pesan yang ada dipihak penerima masih ada dan bisa dibaca.

DELETE FOR EVERYONE, pilihan ini akan menghapus pesan terkirim di pihak kamu dan penerima.

WhatsApp Hapus Pesan

Sayangnya fitur penghapusan ini hanya bisa dilakukan maksimal 7 menit setelah pesan terkirim, jika pesan sudah lebih dari 7 menit, maka kamu sudah tidak bisa lagi menghapus pesan yang terkirim tersebut.