Cara Registrasi Ulang Kartu Sim Card Prabayar

Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar Seluler

Tahun 2005 dan 2014 pemerintah melakukan himbauan untuk pendaftaran ulang kartu seluler prabayar. Dan mulai tanggal 31 Oktober 2017, pemerintah mewajibkan lagi semua pengguna telepon seluler untuk mendaftarkan ulang kartu/nomor prabayar mereka. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan validitas identitas pengguna dan pemilik nomor tersebut. Untuk alasan perlindungan konsumen dari tindak kriminal seperti spam SMS, SMS ancaman dan sampai tingkat SMS penipuan maka semua pengguna kartu seluler prabayar wajib melakukan daftar ulang nomor. Batas waktu pendaftaran ulang yang diberikan oleh pemerintah adalah sampai dengan tanggal 28 Februari 2018. Jika sampai tanggal yang ditentukan pengguna belum juga melakukan pendaftaran, maka akan diberikan waktu tenggang selama 60hari dengan tahapan pemblokiran seperti berikut.

31 Oktober 2017 – 28 Februari 2018
Masa pendaftaran ulang kartu seluler.

1 Maret 2018 +30 hari
Kartu diblokir dan tidak bisa melakukan panggilan atau SMS keluar tapi masih bisa menerima panggilan masuk dan SMS.

1 Maret 2018 +45 hari
Kartu tidak bisa melakukan panggilan dan SMS (keluar ataupun masuk diblokir)

1 Maret 2018 +60 hari
Kartu/nomor seluler akan dimatikan dan sepenuhnya akan diblokir dan tidak bisa digunakan kembali.

Beda Registrasi Kartu Terdahulu Dengan Sekarang

Sebelumnya pendaftaran/registrasi kartu seluler prabayar memang sudah dilakukan, tetapi dulu hanya menggunakan/memasukan data Nama, No KTP/SIM, Alamat lengkap, dimana validitasnya sangat sulit sekali untuk di verifikasi. Dan dikarenakan Kementerian Dalam Negeri sudah memiliki sistem elektronik yang akan bisa digunakan untuk menguji validitas identitas pengguna melalui program eKTP, maka sistem daftar ulang menggunakan nomor eKTP atau nomor KK (kartu keluarga) ini diperlukan.

Bagi yang eKTP nya belum jadi atau belum punya, pendaftaran bisa dilakukan dengan menginput nomor KK nya saat melakukan resgistrasi ulang, karena di kartu KK ini NIK (nomor induk kependudukan) sudah ada. Tinggal nanti validitasnya dilakukan sesuai SOP (prosedur operasi standar).

Untuk wisatawan Luar Negeri (Turis) juga diwajibkan melakukan resgitrasi ketika mereka mendarat di Indonesia dan ingin menggunakan nomor seluler prabayar Indonesia. Mereka bisa melakukan registrasi nomor parabayar yang mau dipakai di gerai-gerai provider yang ada dibandara yang disediakan oleh masing-masing operator dan pendaftarannya dengan memasukan nomor Kitap, Kitas, Visa dan Paspor.

Bagi Warga Negara Asing (WNA) yang tinggal di Indonesia pendaftaran bisa dilakukan di gerai masing-masing provider.

Daftar Ulang Kartu Seluler

Bagaimana Cara Registrasi/Daftar Ulang Kartu Seluler Prabayar Lama

Registrasi bisa dilakukan di gerai masing-masing operator atau bisa dilakukan sendiri. Resgistrasi sendiri sangat disarankan karena mudah dan cepat. Secara umum cara registrai BARU dan ULANG bisa dilihat dibawah ini.

Registrasi kartu seluler prabayar BARU
Ketik REG(spasi)nomorNIK(tanda#)nomorKK(tanda#) lalu kirim ke 4444
Contoh: REG 123456789#9876543210# lalu kirim ke 4444

Registrasi ulang kartu seluler prabayar LAMA
ULANG(spasi)nomorNIK(tanda#)nomorKK(tanda#) lalu kirim ke 4444
Contoh: ULANG 123456789#9876543210# lalu kirim ke 4444

Tunggu balasan SMS dari 4444 untuk konfirmasi pendaftaran/registrasi berhasil atau tidak.

Bagi pembaca yang sudah mendapatkan SMS dari 4444 tentang himbauan daftar ulang dari provider masing-masing, biasanya sudah disertai dengan petunjuknya. Bahkan beberapa provider memberikan bonus kepada pelanggannya yang melakukan daftar ulang lebih awal.

Daftar Ulang Kartu Prabayar Plus Bonus

Semoga saja dengan adanya program National Single Identity Number (melaui eKTP) ini tidak membuat orang-orang yang punya akses ke database menjadi tergiur untuk menyalah gunakan identitas warga negara Indonesia. Memang beberapa kali pihak BRTI MENGATAKAN penjaminan keamanan dan kerahasiaan data pelanggan…tapi kan kita tahu kalau ….hmmmmmm….silakan di lanjutkan sendiri 🙂