Cara Menghemat Baterai ZenFone 2

ZenFone 2 keren dan fiturnya bagus, tapi banyak dari kalian yang mengeluhkan borosnya baterai. Tulisan Cara Menghemat Baterai ZenFone 2 ini mencoba untuk menginformasikan supaya baterai ZenFone 2 kamu tidak boros dengan menggunakan fitur yang ada dari ZenFone 2.

  1. Atur Rendah Intensitas “Brightness” atau Kecerahan Layar

Cara ini selain membuat baterai awet, juga membuat mata kamu adem ketika melototin Zenfone 2 kamu. Layar yang terang sekali selain memboroskan baterai juga tidak baik untuk mata.

  • Cara mengatur “brightness” atau kecerahan layar, kamu cukup menggeser (swipe) bar notifikasi kamu dari atas ke bawah 2 kali, dan kamu akan melihat menu untuk mengatur kecerahan layar kamu. Geser ke kiri dan ke kanan untuk menyesuaikan. Geser ke kanan membuat layar semakin terang dan ke kiri akan membuat layar lebih redup.
1 Lower Screen Brightness

  1. Percepat “Mode Sleep”

Batas waktu standar “Mode Sleep” bawaan pabrik ZenFone 2 adalah 1 menit atau 60 detik. Ini terlalu lama jika kamu ingin menhemat daya baterai. Cobalah untuk merubah waktunya menjadi 15 detik saja.

  • Caranya: Settings > Display > Sleep
    Dan untuk mengatur batas waktu “Cover View” adalah: Settings > ASUS Cover> Automatic sleep.
2 Shorten Screen Timeout Time

  1. Batasi Aplikasi Yang Jalan Di Belakang Latar.

Gunakan aplikasi “Auto-start Manager” untuk mengatur aplikasi yang tidak perlu berjalan di belakang latar. Aplikasi yang berjalan di belakang latar selain membuat boros baterai juga makan RAM kamu.

  • Caranya klik Auto-start Manager > Pilih aplikasi yang mau di matikan.
3 Trim Unnecessary Background Apps

  1. Gunakan Mode “Smart-saving”

Fitur “Smart-saving” adalah salah satu fitur dari ZenFone 2 untuk penghematan baterai. Di mode “Smart-saving” atau mode hemat ini terdapat beberapa pilihan lain seperti otomatis mematikan koneksi internet atau tingkat otomatis kecerahan layar yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

  • Caranya Settings > Power management > Power Saver > Battery Modes >Smart-saving mode.
4 Smart-saving Mode

  1. Tekan “Boost”

Cara tercepat dan efisien adalah dengan menekan tombol/menu boost dari “Quick Setting”. Cara ini selain membuat RAM ZenFone 2 kamu lega, juga menurunkan komsumsi baterai.

  • Caranya:
    Geser (swipe) bar notifikasi kamu dari atas ke bawah 2 kali, dan kamu akan melihat menu/tombol “Boost“, tekan saja dan lihat apa yang terjadi 🙂
5 Boost from QuickSettings

  1. Hindari Data 3G/4G dan Gunakan WiFi

Cara ini sebenarnya tidak mutlak bisa berlaku untuk masyarakat Indonesia karena koneksi WiFi di Indonesia sangatlah terbatas dan belum tersedia disemua tempat, tapi pada dasarnya cara ini menginformasikan bahwa penggunaan data internet melalui jaringan 3G/4G sangatlah menguras baterai, apalagi buat kamu yang wilayahnya tergolong susah sinyal. Karena jika ZenFone 2 kamu jaringannya tidak stabil dan terus menerus mencari jaringan, sudah dipastikan baterai kamu juga akan cepat habis. Beralih menggunakan koneksi WiFi adalah salah satu cara menghemat baterai kamu.

  • Caranya: Dari “QuickSetting” pilih aja “WiFi
6 Wifi

  1. Matikan Layanan Lokasi, Bluetooth, dan NFC

Pastikan Layanan Lokasi, Bluetooth, dan NFC mati ketika kamu tidak menggunakannya. Mematikan fitur ini saat tidak diperlukan akan membantu baterai kamu lebih awet.

  • Caranya: Geser (swipe) bar notifikasi kamu dari atas ke bawah 2 kali, dan tekan menu Lokasi, Bluetooth, atau ikon NFC.
7 Lokasi, Bluetooth, atau ikon NFC.

  1. Mengatur Jadwal Mode “Auto-Switch”

Tidak akan seharian kamu akan menggunakan/mainin HP kamu! Gunakan mode Auto-switch untuk mengatur interval waktu secara otomatis beralih ke mode hemat daya bila kamu tidak menggunakannya.

  • Caranya: Settings > Power management > Power Saver >Auto-switch mode.
    Setelah mengaktifkan fitur ini dan kamu sudah memilih kapan waktu mulai (awal) dan akhir, sebaiknya kembalikan pengaturan ke mode “Ultra-saving” lagi.
8 Auto-Switch Mode Schedule